Jualan hingga Malam dan Tidur di Pinggir Jalan, Kakek Penjual Buah Ini Bikin Haru

Akun instagram @smart.gram, Minggu (13/9/2020) mengunggah foto seorang kakek tidur di pinggir jalan di dekat Jalan Ijen, Malang, Jawa Timur. Dalam foto tersebut, tampak sang kakek menggunakan jas hujan plastik di badannya dan karung untuk menutupi bagian kakinya.

Kakek yang tidak diketahui namanya itu, sehari-hari berjualan buah keliling dengan menggunakan gerobak kayu. Meski sudah tak muda lagi, ia memilih mencari naskah untuk menghidupi dirinya sendiri.

Pemilik akun TikTok my.thiyakkk menemui sang kakek di pinggir jalan di kawasan Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia membangunkan sang kakek untuk membantu melarisi dagangannya.

Kakek tersebut menjual pisang dan beberapa buah lain. Sampai tulisan ini dibuat, belum diketahui pasti bagaimana kehidupan sang kakek dan keluarganya.

Unggahan tersebut menyedot perhatian warganet. Tak sedikit orang yang menandai temannya yang tinggal di Malang untuk turut membantu sang kakek.

“Bukan saat itu min, tiap hari memang tidur di situ. Pakai mantel plastik biar gak kedinginan katanya, dan biar kepalanya gak dingin biasanya pakai kresek plastik juga,” komentar pemilik akun @jenyfbrnt_

“Dulu sering banget pas masih di malang tiap ada rejeki lebih selalu nyempetin ngasih rejeki ke bapaknya, kadang di simpang balapan depannya alfamidi, kadang di depannya kimia farma, kadang depannya ricis ayam, kalian yang dimalang atau sekedar lewat, Sisihkan duit kalian sedikit untuk membantu bapaknya yaa,” tulis pemilik akun @riyabukanria.