7 Tempat Wisata di Indonesia Ini Wajib Banget Dikunjungi

75 views

Sudah sejauh apa sih kamu menjelajah tempat-tempat wisata di Indonesia? Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa dan lengkap, mulai dari gugusan pegunungan hingga kekayaan alam bawah laut yang mampu membius hati dan pikiran. Apakah kamu pencinta wisata gunung, pantai, atau bahkan padang savana? Tenang, Indonesia memiliki semua tempat wisata tersebut yang pastinya sayang banget untuk kamu lewatkan

Selain kekayaan alam yang melimpah, kebudayaan di Indonesia pun sangatlah beragam. Setiap daerah di tanah air memiliki budaya khas yang menjadikan negara ini semakin berwarna. Nah, buat kamu yang masih beranggapan bahwa tempat wisata di Indonesia gitu-gitu aja, kamu salah banget! Soalnya, banyak banget lho hidden paradise yang ada di Indonesia yang akan membuat kamu berdecak kagum. Penasaran? Yuk, simak 7 tempat wisata di Indonesia terbaik berikut ini.

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu kawasan wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur yang wajib banget kamu kunjungi. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan tempat wisata ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau yang menjadi habitat binatang komodo ini wajib dilindungi dan berhasil masuk dalam jajaran tujuh keajaiban alam di dunia (New Seven Wonders of Nature) pada tahun 2011.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari trekking, snorkeling, hingga diving. Untuk trekking, kamu bisa melakukannya bersama rombongan dan seorang pemandu. Di perjalanan, mungkin kamu bisa menemukan komodo yang mungkin sedang beristirahat atau berburu mangsa. Selain itu, di sini juga ada Pink Beach yang menjadi salah satu dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwarna kemerahan. Saat terkena ombak, warna merah tersebut akan semakin terlihat jelas.

2. Raja Ampat

Ini dia salah satu primadona yang paling diunggulkan di dunia pariwisata Indonesia. Keindahan alami yang dimilikinya membuat kawasan wisata ini mulai banyak dikenal, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Raja Ampat sendiri adalah kumpulan dari pulau-pulau di ujung Papua. Ada empat pulau utama di sini, yaitu Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo. Kekayaan alam bawah laut yang dimiliki Raja Ampat memang sudah tidak perlu diragukan lagi

Pasalnya, perairan di Raja Ampat dikenal sebagai salah satu lokasi snorkeling dan menyelam terbaik di dunia. Jika kamu ingin ke sini, datanglah pada bulan Oktober dan November yang disebut-sebut sebagai waktu terbaik karean cuaca dan kondisi perairannya sangat ideal. Selain menyelami keindahan bawah laut, kamu juga bisa lho menikmati pesona lain di tempat ini, mulai dari mampir ke rumah warga, membeli kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

3. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken menjadi salah satu tempat wisata yang lagi-lagi ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan di dunia (2005). Hal ini lantaran kekayaan serta keragaman biota lautnya yang sangat cantik, mulai dari rumput laut, terumbu karang, hingga berbagai spesies ikan yang ada. Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit para diver domestik atau mancanegara.

Kalau kamu takut menyelam secara langsung, tidak perlu khawatir ya karena di sini tersedia kapal selam yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin melihat langsung keindahan di bawah laut. Kapal ini memiliki dinding kaca yang transparan sehingga memudahkanmu untuk melihat kehidupan di bawah laut tanpa harus terkena air.

4. Candi Borobudur

Siapa sih yang nggak tau Candi Borobudur? Candi yang merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia ini berhasil masuk dalam jajaran situs warisan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Berlokasi di kota Magelang, Candi Borobudur ini dibangun pada saat pemerintahan dinasti Syailendra. Lokasinya yang berada di atas perbukitan tinggi ini melalui proses pembangunan yang memakan waktu dari 75 hingga 100 tahun lebih lamanya.

Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi tempat berkumpulnya banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia. Ritual inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata di kawasan ini, salah satunya adalah pelepasan lampion ke langit sebagai acara puncaknya.

5. Dieng Plateau

Dieng Plateau adalah salah satu dataran tinggi Dieng yang diapit oleh dua kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo serta Kabupaten Banjarnegara. Objek wisata Dieng selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, objek wisata ini adalah kaldera yang dikelilingi gunung aktif.

Lokasinya yang berada di ketinggian membuat kawasan ini memiliki hawa yang sangat dingin. Di waktu-waktu tertentu, suhunya bisa mencapai minus. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu temukan di sini, seperti Kawah Candradimuka, Telaga Warna, Kompleks Candi Arjuna, Bukit Sikunir, dan lainnya.

6. Gunung Bromo

Beralih ke Jawa Timur, ada salah satu destinasi wisata yang wajib banget didatengin saat liburan. Gunung Bromo, salah satu gunung berapi yang masih aktif ini berada di ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Gunung ini menjadi salah satu destinasi kebanggaan warga Jawa Timur dengan pemandangan gunung vulkanik yang eksotis.

Gunung Bromo memang menyimpan pemandangan alam yang indah. Di sini kamu akan menyaksikan keindahan alam dari ketinggian dan dari berbagai sudut. Ada banyak yang bisa kamu nikmati view-nya di sini, seperti bukit teletubbies, hamparan lautan pasir Bromo, dan sejumlah kawah yang ciamik.

7. Tana Toraja

Menyeberang ke Makassar, Sulawesi Selatan, ada Tana Toraja yang menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang sudah dikenal di seluruh dunia. Tana Toraja sendiri dikenal dengan masyarakatnya yang masih memegang aturan, kepercayaan, dan ritual. Tana Toraja memang memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pegunungan, hijau perbukitannya, dan budaya leluhur yang sampai saat ini masih dijaga.

Saat ke Tana Toraja, jangan lupa untuk mengunjungi Batutumonga ya. Kawasan yang terkenal sebagai salah satu negeri di atas awan ini adalah spot terbaik untuk melihat hampir seluruh keindahan Tana Toraja, termasuk Rantepao. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit.

Itu dia 7 tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Gimana, menarik banget kan? Jadi, nggak perlu lagi deh meragukan pesona-pesona wisata yang dimiliki Indonesia karena dari Sabang sampai Merauke, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata yang kece abis. Happy holiday!