Goa Pindul: Merasakan Sensasi Goa yang Sebenarnya

139 views

Gua Pindul ini memiliki ciri khas dengan menyusuri gua menggunakan ban pelampung mengikuti aliran sungai di dalam gua, yang lebih dikenal dengan istilah cave tubing. Gua Pindul sendiri memiliki panjang sekitar 350m dan lebar 50m, jarak permukaan air dengan atap gua mencapai 4m sehingga kamu akan leluasa mengeksplorasi keindahan gua pindul. Zona terang, zona remang, dan zona gelap akan kamu tempuh semua dalam waktu 45 menit.

Saat menelusuri Gua Pindul, kamu akan menjumpai ornamen batu stalaktit yang kebanyakan masih aktif disana. Di zona remang, kamu akan melihat batu stalaktit Perkasa dan batu stalaktit Mutiara. Kamu akan sampai ke zona paling sempit karena di zona ini terdapat batu stalaktit sebesar ukuran 5 rentangan orang dewasa, dikenal dengan nama “Soko Guru”.

Soko Guru disebut batu stalaktit terbesar ke-4 di dunia dan mempunyai panjang sekitar 7 meter dengan ukurannya yang besar disebut juga sebagai tiang penyangga kedua bukit yang berada di atas Goa Pindul. Tetapi setelah diteliti, batu ini belum mencapai dasar air yang ada di Goa Pindul karena kedalaman air di goa ini mencapai 12 meter. Atraksi lainnya yang akan menarik perhatian kamu adalah Batu Tirai. Batu ini mempunyai bentuk unik dan memiliki gemerlip cahaya Kristal di balik batu ini saat di sorot lampu.

Goa Gelatik

Letak goa gelatik dekat dengan goa pindul yang melengkapi keindahan desa bejiharjo. Konon katanya pada jaman dahulu, orang-orang sering menggunakan goa ini untuk meditasi mendapat ketenangan diri, namun sudah tidak ada lagi orang yang bertapa disana. Kamu akan diberikan sepatu karet dan helm untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena lantai yang lincit dan sesekali kamu harus merunduk untuk melewati jalan di dalam goa tersebut. Perjalanan kamu akan memakan waktu sekitar 1 jam untuk menelusuri isi Goa Gelatik.

Dengan panjang sungai yang mencapai 1,5km dan kamu membutuhkan durasi 1-2 jam jika kamu ingin mencapai titik finish sungai ini. Tentunya ada pemandu yang akan menemani perjalanan kamu seperti halnya di Goa Pindul sehingga kamu tidak perlu khawatir. Di sela-sela perjalanan kamu, kamu dapat beristirahat sejenak disana dan buat kamu yang ingin menguji nyali kamu, kamu dapat melompat dari pinggir tebing yang ada disana. Kamu bisa memilih antara tebing dengan ketinggian 4 meter atau 7 meter. Tentunya buat kamu yang tidak yakin, jangan mencoba hal ini karena nanti bisa melukai kamu dan perjalanan liburan kamu menjadi menyenangkan.

Buat kamu yang kehabisan ide untuk menghabiskan akhir pekan ini atau buat kamu yang bosan dengan wisata laut, kamu bisa mencoba wisata Goa Pindul yang ada di Jogjakarta ini. Pengalaman wisata yang kamu dapatkann disini dijamin pasti berbeda dibandingkan kamu pergi berlibur ke pulau. Mari kita lestarikan pariwisata di Indonesia yang kaya akan wisata alam yang indah dan menakjubkan!