Jelajahilah Pulau Belitung dengan Nuansa Laskar Pelangi! Panoramanya Eksotis dan Bikin Jatuh Hati!

Seiring dengan melajunya popularitas novel sekaligus film karangan Andrea Hirata, secara tak langsung juga mendongkrak Pulau Belitung menjadi destinasi alternatif bagi para traveler. Bahkan, tak jarang turis mancanegara pun merencanakan liburannya ke pulau yang hanya memiliki dua kabupaten ini.

Seperti apa pesona keindahan alam dari pulau yang berbatasan dengan Selat Gaspar dan Selat Karimata ini? Berikut akan Hipwee ulas tentang destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Belitung ini. Simak baik-baik ya, Travelers!

SD Muhammadiyah Gantong atau SD Laskar Pelangi. Berdiri di bukit berpasir putih dengan danau-danau kecil yang menenangkan hati.

Tempat yang tentu menjadi sorotan semua khalayak apalagi kamu, para traveler, ketika berlayar ke Pulau Belitung. Setelah membaca dan menonton film Laskar Pelangi, tentu keinginanmu berkunjung ke sekolah yang digunakan syuting film itu ‘kan. SD Muhammadiyah Gantung atau masyarakat setempat menyebutnya Gantong, sebenarnya memiliki tiga bangunan sekolah di tempat yang berbeda. Pertama adalah bangunan asli yang sudah ada sejak dahulu kala, berikutnya adalah sekolah yang dibangun oleh pemerintah setempat, dan yang ketiga adalah bangunan yang dipakai oleh Lintang dan kawan-kawan dalam film Laskar Pelangi. Sayangnya, sekarang sudah tidak ada lagi bangunan asli, karena sudah direnovasi oleh pemerintah daerah menjadi bangunan semi modern.

Dari ketiga bangunan sekolah itu, kamu hanya bisa berkunjung ke dua sekolah yang dipakai dalam syuting film Laskar Pelangi dan sekolah asli yang sudah ada sejak dulu. Tapi, yang akan membuatmu penasaran tentu sekolahnya si Lintang. Kalau kamu beruntung, sekolah ini nggak dikunci sama sekali. Jadi, kamu bisa masuk ke ruang kelas, duduk di bangku siswa, dan bayangkan kamu sedang diajar oleh Ibu Muslimah. Nah, SD Muhammadiyah Gantong berada di perbukitan yang dipadati dengan pasir putih yang sangat lembut di kaki, dengan rerumputan yang ‘yahud’ buat berfoto ria. Ya, biar album di Instagram-mu lebih indah mempesona juga.

Sempatkanlah berfoto di Bendungan Pice. Mungkin di sinilah anak-anak setempat menghabiskan waktunya di kala senja.

Sudah berdiri kokoh sejak masa penjajahan Belanda, Bendungan Pice kini menjadi tempat favorit masyarakat Gentong untuk berburu senja maupun sunrise. Bendungan yang dibangun oleh insinyur Belanda bernama Sir Vance ini semula digunakan sebagai barometer untuk mengetahui tinggi rendahnya permukaan air sungai Linggang, supaya mempermudah para pekerjanya dalam mengeksplorasi timah di tanah Belitung.

Bendungan yang membelah kota Gantung ini memiliki panjang hingga 50 meter. Kalau kamu ingin berburu sunset yang cantik di pulau Laskar Pelangi, sempatkanlah untuk mampir ke bendungan ini. Dari sisi barat, kamu akan menumui gemuruh awan gemawan yang berarak dengan warna jingga kuning kemerahan yang menentramkan batin. Belum lagi refleksi senja pada air sungai yang begitu sayang untuk tidak diabadikan. Ambillah pose dari baliknya, dijamin teman-temanmu iri dengan anggunnya soremu di tanah Belitung. Yakin, deh!