Menjelajahi Tempat Wisata Gunung Semeru Yang Menakjubkan

140 views

Tempat wisata Gunung Semeru adalah destinasi wisata yang lokasinya berada di Jawa Timur yang banyak menawarkan keindahan para wisatawan maupun bagi para pendaki, Gunung yang menjadi favorit para pencinta alam ini adalah tempat untuk menikmati keeksotisan sekumpulan awan ketika berada di atas puncak. Gunung Semeru terletak di dua kabupaeten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur.

Gunung yang memiliki tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini menjadi spot pendakian yang menarik dan menjadi favorit. Puncak yang dinamakan puncak Mahameru ini awalnya di taklukan oleh pemuda asal belanda yang bernama Clignet pada tahun 1838 dan setelah itu pemuda bernama Van Goh pada tahun 1911 dan pada tahun 1945 ada seorang pemuda Belanda muncul yaitu Juhnhun yang muncul sebagai orang ketiga yang berhasil menaklukan Puncak Mahameru.

Puncak yang berada di kawasan taman nasional Bromo ini berhasil menarik perhatian para pendaki, disana kamu bisa menyaksikan banyak flora dan fauna sebagai habitatnya, kamu bisa melihat bunga edelweiss dan tanaman anggrek endemik Semeru.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, ada legenda yang menjadi cerita rakya yang dikisahnya konon berasal dari negeri India, yang terdapat Gunung Meru dan akhirnya di pindahkan ke Pulau Jawa. Menurut kepercayaan perpindahan tersebut dimaksudnya untuk menahan pulau jawa tidak terombak ambing oleh guncangan ombak. Perpindahan ini di lakukan oleh Dewa Shiwa yang menjelma menjadi kura – kura besar dan berenang menuju ke Pulau Jawa.

Sampi di Ranu Kumbolo kamu bisa beristirahat sambil mengisi air sebagai bekal melanjutkan perjalanan. Tempat ini biasanya dijadikan untuk istirahat para pendaki dengan mendirikan tenda.

Perjalanan selanjutnya setelah dari Ranu Kumbolo kamu akan melanjutkan menuju Kalimati. Namun demikian, disarankan untuk kamu sebelum meninggalkan Ranu Kumbolo kamu harus mengisi penuh air di sini. Perjalanan menuju Kalimati membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dengan jarak tempuh sekitar 3 jam kamu akan melewati hamparan luas padang rumput yang akan memanjakan kamu dan melepaskan lelah. Di sinilah tumbuh berbagai bunga yang akan menyemangati kamu untuk melanjutkan perjalanan. Biasanya di Kalimati, pendaki juga akan mendirikan tenda untuk beristirahat. Kamu akan bermalam dengan dihiasi taburan bintang dan menjadi satu-satunya penerang alam di Kalimati ini.