Rekomendasi Tempat Liburan Keren Dekat Candi Borobudur

83 views

Salah satu monumen terbesera di Indonesia bahkan terbesar di dunia Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang menawarkan atraksi yang menarik yang berada di Jawa Tengah. Lokasinya terletak di Magelang, Jawa Tengah ini selalu menarik perhatian para wisatawan domestik hingga mancanegara.

Monumen yang di bangun pada masa kejayaan Dinasti Syailendra ini berdiri di tahun 780 – 840 Masehi. Bangunan yang di desain dengan gaya Mandala ini masuk ke dalam situs warisan dunia versi Unesco dan menjadi tempat wisata yang paling ramai dan sering di kunjungi di Indonesia.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur dan ingin mengelilingi Borobudur serta tempat wisata yang dekat dengan Borobudur seperti air terjun hingga tempat wisata yang menawarkan kesejukkan serta tempat yang indah yang bisa di nikmati bersama keluarga. Kami meberikan referensi tempat wisata di dekat Candi Borobudur, berikut ini adalah 5 tempat liburan keren dekat Candi Borobudur

Tempat Wisata Kaliurang

Objek wisata yang mengagumkan dan menawarkan atraksi wisata yang menarik ini adalah Kaliurang, anda juga bisa menikmat keindahannya melalui Gunung Merapi tepatnya di kota kecil di bagian lerengnya

Untuk menuju ke tempat wisata Kaliurang berjarak 25 km dari Yogyakarta, kaliurang juga menjadi rute pendakian yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Merapi yang terkenal. Hutan Pinus yang mempesona di Bukit Plawangan Turgo ini sangat menakjubkan, bukit yang tampak kehijauan ini sangat asri yang akan memanjakan mata anda.

Kopeng

Objek wisata yang berada di Lereng Gunung Merbabu ini adalah tempat wisata yang bernama Kopeng yang menarik dan wajib anda kunjungi yang lokasinya berada di ketinggian 1.500 – 1.700 mdpl, tempat wisata Kopeng menawarkan objek wisata alam yang organik yang cantik dimana anda bisa melihat banyak lahan perkebunan sayuran serta buah buahan.

Anda bisa menikmati suasana yang nyaman karena udaranya yang sejuk membuat para pengunjung betah menikmati tempat wisata ini. Pemandangan yang indah serta terdapat tempat wisata umbul song dan kalipancur yang juga cocok di jadikan destinasi liburan anda bersama keluarga.

Air Terun Kedung Kayang

Air terjun yang menawarkan banyak pesona ini memiliki ketinggian hingga 40 meter, yang tampak indah jika anda saksikan dari kejauhan.

Air terjun yang terlus mengalir dari atas dan jatuh begitu deras ini memberikan efek foto yang sangat cantik, udara yang segar dan sejuk ini menambah suasana semakin nyaman yang di padu dengan hutan pinus di sekitarnya, membuat tempat wisata Air terjun Kedung Kayang menjadi destinasi wisata yang sangat spesial bagi anda.

Untuk menuju ke Air terjun Kedung Kayang dapat di akses melalui Boyolali maupun Magelang, namun banyak para wisatawan menggunakan rute atau jalur menujui Puncak Ketep untuk menikmati objek wisata Air Terjun Kedung Kayang.

Candi Mendut

Selain Candi Borobudur juga terdapat tempat wisata yang letaknya sangat berdekatan dengan Candi Borobudur yaitu Candi Mendut yang menawarkan daya tarik serta atraksi wisata yang juga penting, Candi yang di bangun pada tahun 824 masehi ini di bentuk melalui batu andesit yang luas keselurahannya 13,7 x 13,7 meter berbentuk segi empat dan pada bagian atapnya bertingkat berbentuk stupa kecil.

Candi ini memiliki tinggi hingga 26,4 meter dan berdiri diatas kaki setinggi 3,,7 meter yang tampak megah serta anggun. Pada bagian kaki Candi anda bisa melihat desain relief yang menceritakan tentang kisah burung dan kura – kura, Brahmana dan kepiting atau fabel lainnya.

Untuk dapat mengunjungi tempat wisata Candi Mendut ini tidak sulit, anda hanya perlu berkendara melalui kota Yogyakarga menuju Candi Borobudur, dan di pastikan anda juga akan melewati Candi Mendut yang di tengah perjalanan anda. Candi Mendut letaknya juga sangat dekat dengan Candi Borobudur yang berjarak hanya 3 km yang lokasinya persis berada di Kecamatan Mungkit, Magelang

Punthuk Setumbu

Objek wisata yang menarik dan menjadikan tempat wisata ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset dengan latar belakang Gunung yang megah yaitu Gunung Merapi Merbabu. Anda bisa melihat dan menikmati keindahan serta cantiknya Candi Borobudur yang berdiri megah dari sana. Punthuk Setumpu lokasinya berada di bukit yang tingginya hingga 400 mdpl yang letaknya berada di gugusan bukit menoreh.

Objek wisata ini pada awalnya hanya sebuah ladang penduk namun sejak ramai di abadikan oleh para fotografer yang ingin menikmati sunset serta mengabadikannya, sehingga banyak para wisatawan yang penasaran dan berdatangan mengunjungi tempat wisata Punthuk Setumbu ini. Terdapat rumah panggung serta gazebo dan kursi kayu yang bisa anda gunakan sambil menunggu datangnya matahari yang akan terbit.

Awalnya tempat ini hanya sebuah ladang penduduk, namun sejak ada fotografer yang mengabadikan sunrise dari sana, orang-orang pun pada berdatangan. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang digunakan duduk menanti matahari terbit.