Awas! Sering Mengonsumsi Air Minum Isi Ulang dari Depot Bisa Berisiko Fatal bagi Tubuh

Memasak air yang akan dikonsumsi menjadi rutinitas yang dilakukan kebanyakan orang pada zaman dulu. Hal ini dikarenakan kebanyakan sumber air masyarakat berasal dari sumur-sumur air tanah yang tentu saja masih harus dimasak terlebih dahulu agar berbagai kuman mati dan tidak menyebabkan penyakit.

Namun pergeseran zaman membuat air kemasan lebih banyak diminati oleh masyarakat karena tidak perlu dimasak lagi dan bisa langsung diminum. Disamping itu, banyak pula air kemasan yang bisa diisi ulang dengan harga yang cenderung murah dimana-mana. Lantas, apakah air minum isi ulang ini baik bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya seperti dikutip dari DokterSehat.com:

1. Lebih Rentan Terhadap Bahaya Kuman dan Bakteri – Jawaban dari pertanyaan di halaman sebelumnya ternyata adalah tidak. Air minum isi ulang atau air galon ternyata bisa memberikan dampak kesehatan yang kurang baik bagi tubuh. Meskipun banyak penyedia isi ulang air minum yang mengklaim jika air telah disterilisasi dan memakai teknologi penyaring terkini, air tersebut ternyata cukup rentan mendapatkan pencemaran dari kuman atau bakteri.

Memang, banyak penyedia depot isi ulang air minum yang berusaha sebaik mungkin menjaga kualitas dan standar kesehatan air minumnya, namun, banyak pula yang tidak bisa menjamin kebersihannya bukan. Sebagai contoh, kita bisa melihat sikat pembersih galon yang juga digunakan untuk membersihkan galon lainnya. Hal ini tentu saja justru akan membuat kuman dan bakteri dari galon sebelumnya akan tercampur bukan?

Lagipula, bukankah pembersihan galonnya juga hanya dengan air? Hal ini tentu saja akan mempertanyakan kesterilan dari depot air minum tersebut.

2. Perhatikan Lokasi Depot dan Sumber Air – Lokasi depot air minum cenderung berada di pinggir jalan yang tentu akan beresiko terkena polusi, debu, dan berbagai bakteri serta kuman dengan mudah. Hal ini tentu saja akan menambah pertanyaan lagi tentang kebersihan dari depot air minum tersebut.

Di samping itu, cobalah anda mencari dari mana sumber air minum tersebut, apakah berasal dari air kemasan bermerek atau justru berasal dari pabrik yang belum bisa dicek kebersihan dan kesterilannya. Air minum isi ulang berisiko membawa berbagai macam bakteri dan kuman layaknya bakteri e-coli atau bahkan salmonela yang tentu bisa membawa masalah kesehatan bagi tubuh.

Jika anda menyayangi tubuh anda, ada baiknya anda mempertimbangkan lagi pemakaian air minum isi ulang dan sebaiknya membeli air minum kemasan yang meskipun berharga jauh lebih mahal namun sudah dijamin kebersihan dan keamanannya.

sumber: tribunnews.com