Viral Calon Pengantin Perempuan Meninggal jelang Nikah, Netizen: Pelaminan Jadi Keranda

Video mengenai seorang calon pengantin perempuan yang meninggal dunia saat akan melangsungkan pernikahan, viral di media sosial. Peristiwa memilukan ini terjadi di Dusun Selorentek, Desa Karanganyar, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Calon pengantin perempuan itu bernama Umi Salamah. Sementara calon pengantin laki-laki yang ditinggalkan korban bernama Muhamad Fadil, asal Kabupaten Jember. Keduanya diketahui menjalin cinta saat mondok di salah pondok pesantren.

Setelah menjalin hubungan beberapa lama, keduanya akan melangsungkan nikah. Namun Tuhan berkehendak lain, Umi meninggal dunia tiga jam sebelum pernikahan digelar. Dalam video viral terlihat suasana duka menyelimuti rumah duka. Isak tangis haru keluarga dan seluruh tamu undangan yang akan menghadiri acara walimatul urus pernikahan Umi Salamah dan Muhammad Fadil pada Kamis malam, memenuhi rumah duka di Dusun Selorentek, Desa Karanganyar, Kecamatan Kraton.

Hari yang sedianya menjadi momen bahagia itu seketika berganti dengan suasana berduka. Umi Salamah, mengembuskan napas terakhir Kamis malam sekitar pukul 19.00 WIB. Perempuan itu meninggal dunia karena penyakit paru-parunya kambuh. Umi yang seharusnya duduk di pelaminan, berada dalam keranda jenazah di rumah tempat prosesi pernikahanakan seharusnya digelar.

“Calon mempelai pengantin perempuannya memang sudah lama mempunyai riwayat sakit paru-paru. Menjelang akad nikah kemarin, kondisi kesehatannya menurun dan akhirnya meninggal dunia,” kata tetangga korban, Muhammad Nurul. Dia mengatakan, sebenarnya sebelum meninggal, kondisi kesehatan Umi Salamah sudah membaik. Dia terlihat sehat karena akan mengakiri masa lajangnya dengan kekasih pujannya.

“Iya, saat akad nikah malah meninggal,” kata Muhammad Nurul, Sabtu (27/3/2021). Video itu sempat viral di media sosial Instagram. Para netizen menyampaikan duka cita atas kejadian tersebut karena hari bahagia yang ditunggu-tunggu malah berakhir duka.

Pelaminan berubah menjadi keranda. “Ya kasihan sekali kalau lihat di medsos kejadiannya,” kata warga, Yuli Amarta. Sementara keluarga Umi Salamah belum bisa memberikan keterangan karena masih dalam suasan berduka. Keluarga hanya bisa meminta doa agar almarhumah husnul khatimah.