Foto : Wujud KRI Nanggala Yang Ditemukan Dalam Kondisi Terbelah Menjadi 3 Bagian di Dasat Laut Perairan Bali

Satgas SAR gabungan akhirnya menemukan kapal Selam KRI Nanggala-402 pada Minggu (25/4). Serpihan besar kapal selam ditemukan di kedalaman 838 meter. KRI Nanggala-402 berhasil ditemukan oleh KRI Rigel dan MV Swift Rescue Singapura.

“KRI Nanggala ditemukan di kedalaman 838 meter,” kata KSAL Laksamana Yudo Margono, di Lanud Ngurah Rai, Bali, Minggu (25/4). Yudo mengatakan, kepastian badan kapal selam KRI Nanggala didapat dari citra sonar yang berhasil ditangkap KRI Rigel. Untuk memastikan citra lebih detail, ROV diturunkan.

Sayangnya, ROV KRI Rigel hanya mampu menyelam sampai 800 meter. Akhirnya diputuskan ROV dari MV Swift Rescue milik Singapura diterjunkan untuk mendapat gambar yang lebih detail. “Lokasi ditemukannya ada di 07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur yang tepatnya dari datum (daerah ditemukan) 1 tempat tenggelamnya 1.500 yard di selatan,” tambah dia.

Dari tangkapan citra ROV dari MV Swift Rescue milik Singapura terlihat kapal selam KRI Nanggala sudah terbelah menjadi 3 bagian besar.

ROV menangkap citra gambar berupa kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK-11.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga memastikan 53 awak kapal selam KRI Nanggala telah gugur.

sumber : kumparan.com