Ikhlas Melepas Kepergiannya, Istri Kru KRI Nanggala 402: Terima Kasih Sudah Menjadi Suami Sempurna

Mita Sofia kini telah ikhlas melepas kepergian suaminya Sertu Bah Yoto Eki Setiawan yang menjadi kru kapal selam KRI Nanggala-402. Sang suami menjadi salah satu korban yang gugur atas musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 bersama 52 prajurit lainnya. Secera resmi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto menyebutkan sejumlah bukti yang kemudian membawa kesimpulan gugurnya 53 awak KRI Nanggala-402.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” jelas Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021). Kuat dan ikhlas melepas suaminya, Mita Sofia kini dikabarkan tengah mengandung anak pertama dari hasil pernikahannya. Curahan hati Mita Sofia dituangkan lewat status WhatsApp yang kemudian diunggah kembali di Instagram Stories-nya pada Selasa (27/4/2021).

Dalam curhatannya tersebut, ia tampak ikhlas dan sudah menerima kenyataan jika suaminya dinyatakan gugur. Ia pun berjanji akan menjaga buah hatinya. Masih teringat jelas, Mita Sofia terlihat menuliskan kembali kata-kata yang pernah diucapkan suaminya sebelum berangkat layar. Kata-kata itulah yang akhirnya menjadi penyemangat bagi Mita Sofia dan buah hatinya untuk tetap melanjutkan kehidupan.

“Setiap mau berangkat kerja atau layar kaka selalu bilang ‘dijaga ya dde nya, sehat-sehat ya dek di perut mama, jangan nakal yaa, jagain mama, assalamualaikum papa mau kerja dulu nyari uang buat dede owe,” tulis Mita Sofia istri dari Sertu Bah Yoto Eki Setiawan yang dinyatakan gugur saat misi latihan dengan kapal selam KRI Nanggala-402.

Lanjutnya, Mita Sofia mengaku akan menjaga bayi yang dikandungnya hingga memenuhi segala kebutuhannya sehingga bisa tumbuh menjadi sosok anak yang soleh dan sukses, sebagaimana yang diharapkan almarhum suaminya. “InsyaAllah adek bakal jaga anak kita sampai tumbuh menjadi orang yang sukses dunia akhirat, sholeh dan berbakti kepada orang tua,” lanjutnya.

Pasangan yang baru menikah pada 8 November lalu ini pun memegang erat petuah penyemangat yang sering dilontarkan sang suami kepada Mita Sofia. Petuah itu berupa penyemangat untuk tetap optimis dan tidak mudah bersedih dalam menjalani kehidupan. “Kata kaka, adek gaboleh cengeng, adek harus kuat dan optimis banyak-banyak berdoakan. Adek udah gak cengeng lagi sekarang, kan ini semua adek lakuin buat kaka dan anak kita,” katanya.

Di akhir curahan hatinya, Mita Sofia mengucapkan rasa terima kasih kepada suaminya yang telah menjadi sosok suami sempurna dan senantiasa mengingatkan dalam hal kebaikan. “Terima kasih sayang udah jadi suami yang sempurna, yang selalu mengingatkan dalam kebakikan. Adek inget terus pesan janji-janji kaka buat adek,” ucap Mita. “InsyaAllah akan adek laksanakan sayang. Sayangnya adek sehat-sehat terus yaa kuat terus Owe. Nanti kita ketemu lagi ya sayang yaa. Salam rindu,” pungkasnya sembari menyematkan emoji penuh cinta.

Sebelumnya, beberapa hari sebelum kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan semua kru gugur, Mita Sofia sempat mengunggah video di TikTok sembari meminta doa dari warganet untuk keselamatan sang suami. Kala itu, Mita Sofia masih terus menunggu kabar baik dan menantikan kepulangan suami tercinta.

“Warga tiktok minta bantuan doa buat suami dan seluruh crew kapal selam nanggala-402. #prayfornanggala402,” tulis Mita Sofia yang diunggah di akun TikTok pada Jumat (24/2/2021). Dengan kolase foto serta video keduanya saat menikah, Mita Sofia terus menanti sang suami. Sambil mengelus perut yang sedang hamil, ia berharap suaminya kembali ke rumah dengan selamat.

“Banyak yang doain keselamatan buat kaka, yuk semangat terus ya sayangkuuu. Kakak orang baik, di sini banyak yang rindu sama kaka. Kaka cepat pulang yaa sayang. Kangeeen, adek sayang kaka. I loveyou sayangku cintaku,” lanjutnya. Dalam unggahannya di TikTok, Mita turut menyertakan foto-foto sang suami ketika masih mengenyam pendidikan di depan sekolah kapal selam (Sekasel) hingga berdiri di atas KRI Nanggala-402.

Mita juga mengunggah foto saat pernikahan dan kebersamaannya dengan sang suami, yang baru menikah pada enam bulan yang lalu. “Bismillah, minta bantuan doa sebanyak-banyaknya buat suami dan sleurh crew KRI Nanggala-402 semoga hari ini naik ke permukaan dengan selamat dan membawa kabar baik ya rabb,” tulisnya. Tak hanya itu, istri ABK ini juga turut mengunggah percakapan terakhirnya dengan sang suami.

Namun, keesokan harinya pesan yang dikirimkan oleh sang istri tidak mendapat balasan. Pasalnya, pesan itu terlihat hanya centang satu yang berarti tidak terkirim. Pesan tersebut lagi-lagi tidak berbalas hingga menunjukkan pukul 5.30 pagi. “Kan udah dibilang kaka harus pulang biar ketemu dede Owe,” katanya dengan emoji menangis.

“Kapan kaka balas chat adek, adek pengen tau kabar papa Owe sekarang, adek pengen lihat kaka. Adek pengen kalau bobo ada yang megang tangan adek, meluk, cium, adek, yuk kak semangat ya sayangku,” demikian isi pesan yang dikirimkan sang istri untuk Sertu Bah Yoto Eki Setiawan. Video yang diunggah akun TikTok Mita Sofia kini tersebar luas di media sosial.

Banyak warganet merasa haru setelah melihat video tersebut. Hingga kini, video tersebut telah ditonton lebih dari 19 juta kali tayangan di TikTok. Mayoritas warganet turut mengirimkan doa untuk para kru kapal selam Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) di perairan Bali.

“Semangat dan harus kuat terus ya kaka, adek yakin bisa naik ke permukaan. Adek nungguin kabar baik dari kaka. Adek sama dede owe udah sabar nungguin kaka pulang bawa kabar baik,” tulis Mita Sofia lewat Insta Story di Instagram.

sumber : tribunnews.com