Ini Dia Kapal Canggih yang Bakal Angkat KRI Nanggala 402

719 views

Kapal selam KRI Nanggala-402 akan diangkat dari kedalaman 838 meter. Kapal selam ini nantinya akan diangkat kapal canggih yaitu Kapal Timas DSV 1201. Kapal selam KRI Nanggala-402 akan diangkat setelah ditemukan tenggelam di perairan Bali dengan kedalaman sekitar 800 meter. Kapal yang digunakan untuk mengangkat kapal tersebut ialah Kapal Timas DSV 1201.

Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 menimbulkan duka bagi Tanah Air. Bagaimana tidak, sebanyak 53 prajurit gugur dalam insiden tersebut. Setelah pencarian yang cukup memakan waktu, akhirnya kapal tersebut ditemukan di kedalaman sekitar 800 meter. Nantinya, kapal selam itu akan diangkat.

Adapun kapal yang akan mengangkat KRI Nanggala 402 adalah Kapal Timas DSV 1201. Hal itu dibenarkan Sekretaris SKK Migas, Taslim Yunus kepada detikcom lewat pesan singkat, Kamis (29/4/2021). “Iya (menggunakan kapal tersebut),” katanya. Dia mengatakan, kapal tersebut saat ini masih bekerja untuk ENI Merakes.

“Timas yang sedang bekerja di ENI Merakes,” katanya. Timas sendiri adalah PT Timas Suplindo. Mengutip laman perusahaan, Timas didirikan pada tahun 1989 yang kini telah berkembang menjadi perusahaan kontraktor engineering, procurement and construction (EPC) untuk pengeboran migas di darat dan lepas pantai.

Timas 1201 merupakan kapal konstruksi yang didesain untuk bekerja di perairan dalam dan dangkal. Kapal ini didesain untuk bekerja di perairan dalam dan dangkal. Kapal ini menggunakan sistem pipelay mutakhir yang mampu beroperasi hingga kedalaman air 3.000 meter dan menangani pipa berlapis beton OD hingga 60 inci.

Kapal ini juga menggunakan crane berkapasitas 1.200 MT yang cocok untuk instalasi platform konvensional.

sumber : detik.com