Pisang Terbesar di Dunia Ada di Indonesia, Beratnya 60 Kilo !

98 views

Baru-baru ini pohon pisang raksasa dijumpai di Papua Barat, tepatnya di pegunungan Arfak. Spesies pisang yang tidak biasa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1954, lalu dijumpai oleh peneliti Jeff Daniels pada tahun 1989.

Bernama Musa ingens, jenis pisang raksasa ini memiliki batang utama yang dapat mencapai ketinggian hingga 15 meter (49 kaki) dan daunnya dapat membentang hingga setinggi 20 meter (66 kaki) dari tanah.

Tandan pisangnya, yang tumbuh di tangkai (batang) sepanjang 15 meter (49 kaki), dapat menampung sekitar 300 buah yang total beratnya mencapai 60 kilogram (132 pon). Sekilas, penampakannya yang besar mirip sesuatu yang biasa kita jumpai di film fantasi.

Buahnya yang berbentuk lonjong memiliki panjang sekitar 18 sentimeter (7 inci), ukuran yang setara dengan bayi manusia. Walaupun berukuran raksasa, pisang ini bisa dimakan setelah dimasak dengan rasa dan tekstur yang mirip dengan pisang tanduk.

Meskipun tumbuh hingga ukuran pohon, tanaman pisang secara teknis tidak memiliki batang melainkan pseudostem, yang merupakan kelompok tangkai daun yang dililitkan dengan rapat dari mana daun akan membentang.

Karena tanaman pisang tumbuh baru setiap tahun dan tidak memiliki bagian kayu yang bertahan selama musim dingin seperti pohon dan semak, mereka dianggap tumbuhan tumbuhan.

Ada laporan spesimen tanaman ini mencapai setinggi 30 m (98 kaki) tapi ini belum diratifikasi secara ilmiah. Terlepas dari hal itu, Musa ingens memiliki potensi yang baik untuk dijadikan sebagai bahan pangan yang menjanjikan. Kamu tertarik mencobanya?

sumber : jalantikus.com