Dicegat Mau Mudik ke Kuningan, Warga Tangerang: Istri Sudah Pembukaan 1 Pak

264 views

Ogi, warga Cikupa Tangerang, harus gigit jari gagal mendampingi istri yang akan melakukan proses persalinan di Kuningan, Jawa Barat. Dia dicegat petugas yang berada di pos penyekatan mudik Sumber Artha, Kalimalang, Bekasi, Selasa (11/5/2021).

Ogi diberhentikan petugas karena terindikasi ingin mudik. Hal itu usai petugas curiga melihat plat nomor motornya yang berawalan E yang menunjukkan wilayah Kuningan dan sekitarnya. Di pos penyekatan mudik, Ogi pun diperiksa identiasnya oleh Papospam Sumber Artha Ipda Suhar dan ditanyakan tujuan Ogi menuju Kuningan.

Kepada petugas, Ogi mengaku ingin ke Kuningan untuk mendampingi istrinya yang akan melahirkan. Ogi mengatakan dirinya tak sempat untuk memeriksa tes Covid-19 karena terburu-buru. “Saya mau ke Kuningan pak. Saya dapat kabar istri saya sudah pembukaan 1 pak. Saya buru-buru jadi nggak sempat untuk tes antigen pak,” kata Ogi kepada petugas.

Petugas yang lain meminta Ogi menunjukkan bukti rumah sakit atau bidan tempat istrinya akan melahirkan. Namun, ia tak bisa menunjukkan surat yang diminta petugas lantaran masih istrinya masih pembukaan 1. Aparat kepolisian kembali menanyakan Ogi soal hal yang bisa membuktikan atau yang memperkuat alasannya mudik bahwa istri akan melahirkan di Kuningan.

Lagi-lagi, Ogi tak bisa membuktikannya. Bahkan ia menelpon ibu mertua untuk membantu menjelaskan kepada petugas bahwa istrinya akan melahirkan. Namun petugas tetap tak mengizinkan dan meminta Ogi untuk kembali ke Cikupa Tangerang.

“Kita hanya ikutin pemerintah mas, nanti mas di sana akan dikarantina juga. Mas emang tahu kondisi mas sehat atau nggak?” kata salah seorang petugas Sispamdu kepada Ogi. Ogi akhirnya mengakui dirinya salah karena tak membawa surat bebas Covid-19.

“Saya sebenarnya nggak ada niatan (mudik), karena ini istri mau lahiran saja. Iya pak saya salah nggak bawa surat rapid antigen. Kalau ada yang buka saya mau tes sekarang,” kata Ogi. Mendengar arahan petugas, Ogi kemudian memutar balik kendaraannya ke arah Cikupa Tangerang.

Di lokasi yang sama, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan jajaran Sispamdu tampak memberhentikan pengendara -pengendara motor yang terindikasi mudik di Jalan KH.Noer Ali, Sumber Artha, Kalimalang, Bekasi.

sumber : suara.com