Kisah Pilu Tukang Becak Rela Jual Becaknya Demi Bayar Zakat Fitrah

352 views

Hari raya lebaran adalah salah satu momen menyenangkan yang ditunggu-tunggu. Selain merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, momen ini juga digunakan untuk bersilaturahmi bersama keluarga. Tak lupa, memakai pakaian baru menjadi salah satu tradisi khususnya bagi anak-anak.

Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati manisnya hari lebaran. Salah satunya adalah tukang becak yang satu ini. Dalam sebuah unggahan Instagram akun @Sayaphati, terpapar sebuah foto becak yang ditempeli oleh sebuah tulisan. Tulisan itu menyatakan bahwa becak tersebut dijual.

Bukan tanpa alasan, sang pemilik menjual becak tersebut karena ia tidak mampu membeli beras dan membayar zakat fitrah. Disamping itu, ia juga tidak mampu untuk membilkan anaknya baju lebaran. “Jual Becak untuk beli beras zakat fitrah 6 orang, beli baju lebaran anak, bayar hutang,” tulis tempelan pada becak tersebut.

Rupanya, tukang becak tersebut bernama Andhika. Ia berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Andhika menjual becaknya dengan harga Rp 1 juta rupiah. Namun, apabila becak tersebut dijual, ia tidak lagi memiliki mata pencaharian.

Setiap harinya, ia tidak memiliki penghasilan yang menentu. Apabila ramai, ia dapat memperoleh penghasilan Rp 40 ribu per hari. Namun, apabila tidak ada yang menaiki becaknya ia hanya bisa bersyukur tanpa membawa sepeser uang.

sumber : suara.com