Cerita Ustaz Khalid Basalamah Nikahi Istri Mualaf, Pernah Diminta Poligami

208 views

Ada fakta menarik terkait Ustaz Khalid Basalamah, Bunda. Pendakwah tersebut ternyata menikah dengan sang istri yang merupakan seorang mualaf. Hal tersebut ia ceritakan dalam satu video kajian di YouTube. Pria kelahiran Makassar ini mengungkap bahwa sebelumnya, sang istri merupakan seorang Nasrani.

Sebagai suami yang baik, Ustaz Khalid mengatakan bahwa dirinya selalu mendukung sang istri sejak awal. Sebagaimana yang ia ceritakan, saat istrinya baru menjadi mualaf, Ustaz Khalid membuatkan usaha salon kecantikan. Hal tersebut ia lakukan agar sang istri memiliki kesibukan di rumah.

“Awal masuk Islam, saya carikan kegiatan. Kebetulan dia punya keterampilan, salon gitu. Kemudian saya bukain, untuk akhwat-akhwat yang sudah belajar taklim,” ujarnya. Meski punya kesibukan sendiri, istri Ustaz Khalid tetap mempelajari Islam dalam keseharian, Bunda. Salah satunya dari para pelanggan salon yang ia layani.

Dalam kesempatan yang sama, Ustaz Khalid mengatakan bahwa ada satu pengalaman yang mengantar sang istri pada satu pertanyaan. Ini terkait soal kebersihan, katanya. “Pada suatu hari, dia ingin bertanya tapi malu. ‘Maaf saya mau tanya, apa di Islam memang tidak diajarkan untuk bersih-bersih?’,” tuturnya.

“Saya tanya ‘Kenapa?’.” “Dia bilang semua akhwat yang datang ke sini pake jilbab besar, begitu buka ketombenya banyak, kutunya banyak, rambutnya bau.” “Kok pakai jilbab besar, begini hasilnya?,” kata Ustaz Khalid, menggambarkan kebingungan sang istri.

Terkait hal tersebut, Ustaz Khalid Basalamah pun menceritakan soal anjuran kebersihan Nabi Muhammad SAW pada istri. Ia mengisahkan, dahulu kebersihan Rasulullah sangat terjaga, Bunda. “Sahabat Nabi yang mulia pernah lewat depan rumah Nabi, saat bulan purnama dan tidak sengaja melihatnya keluar setelah mandi, menyisir rambutnya dengan rapi ke belakang, menggunakan jubah merah ada garis-garis hitam,” tuturnya.

“Katanya, ‘Maka saya lihat ke arah Nabi dan melihatnya lebih indah dari purnama’.” “Nabi Salallahu Alayhi Wassalam selalu menjaga kebersihan, dia selalu memakai minyak wangi. Bahkan sahabatnya mengatakan saat bersalaman dengannya, mereka menemukan baunya bertahan hingga tiga hari. Kadang minyak wanginya menetes dari rambut Nabi.”

Di kesempatan lain, Ustaz Khalid Basalamah pernah menceritakan tentang sang istri yang pernah memintanya untuk poligami.

Dalam satu kesempatan, Ustaz Khalid Basalamah juga menceritakan tentang istrinya, Bunda. Kali ini membahas poligami saat ada seorang wanita yang menawarkan hal tersebut.
“Sampai hari ini, kalau saya bicara dengan istri saya, alhamdulillah malah saya yang ditanya,” ujarnya, mengutip channel YouTube Brebes Mengaji.

“Ada satu akhwat yang menghubungi dia, kemudian minta ‘Bisa enggak Ustaz Khalid menikah dengan saya’.” Mendapat pernyataan seperti itu, istri Ustaz Khalid pun ternyata langsung mengabarkan hal tersebut padanya. Ia bertanya apa pendapat serta jawaban sang suami soal tawaran untuk menikahi wanita tersebut.

“Saya bilang ‘Enggak’. Sampai sekarang masih belum ada hajat, insyallah nanti,” katanya. Bagi Ustaz Khalid, poligami tidak termasuk dalam skala prioritasnya, Bunda. Ia ingin membangun beberapa rencana untuk pengembangan diri dan apa yang tengah ia kerjakan saat ini. “Saya sekarang ingin bikin planing dulu, saya ingin cetak buku-buku saya, ingin usaha ini jalan, saya ingin melangkah ke sana,” tuturnya.

Lebih lanjut, ustaz Khalid Basalamah bercerita soal konsep hidupnya terkait poligami. Katanya, hal tersebut sangat ia setujui dan telah dibahas bersama sang istri sejak awal. “Karena dari awal sudah saya jelaskan, konsep hidup saya adalah poligami. Saya akan sempurnakan dengan izin Allah, tapi dengan cara syar’i, tidak ada sembunyi,” tuturnya.

Hal itu pun tampaknya dapat diterima oleh sang istri. Karena dengan kejadian tersebut, sang istri yang justru menawari Ustaz Khalid untuk bertemu dan berkenalan terlebih dahulu. “Malah dia yang bicara. ‘Kasihan, ini (wanita lain) sudah meminta. Enggak apa-apa, saya temani, ya.’ Bahasanya seperti itu,” ucapnya.

“Ini saya bahasakan, artinya ada yang begitu (wanita setuju poligami).” Ustaz Khalid Basalamah mengatakan bahwa hal tersebut ia bagikan untuk membuka pemikiran, Bunda. Katanya, ia ingin para wanita tahu bahwa poligami ini bisa diterima oleh beberapa orang di luaran sana.

“Saya menceritakan karena mengasih contoh, akhwat banyak yang menolak. Saya ceritakan di sisi lain, ada orang lain yang menerima hukum Allah, bahkan mereka banyak komunitasnya.

“Kalau iman sudah berbicara, teman-teman, yang pengecut jadi pemberani. Yang malas jadi rajin, yang miskin jadi kaya, yang lemah jadi kuat. Iman yang dapat mengubah itu semua,” sambungnya.

sumber : haibunda.com