Tergiur Wanita Lain, Kades di Jember Pilih Nikah Siri, Istri Sah Dipulangkan ke Rumah Mertua

Sofyan Hadi Candra Yakub, Kepala Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung diduga memiliki istri simpanan. Hal tersebut diduga kuat oleh sang istri Rosalia Prapti Nugraha (24) setelah dirinya merasa ditelantarkan.

“Saya sendiri istri ketiga, yang pertama cerai dan kedua meninggal. Dan saya istri yang ketiga,” kata Rosalia saat ditemui wartawan di rumah orangtuanya di Kelurahan Jember Kidul, Kaliwates, Sabtu (29/5) kemarin.

Rosalia menceritakan, pernikahan dirinya dengan Sofyan Yopi berlangsung di rumahnya tanggal 3 Desember 2020 dan tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kaliwates.

Setelah menikah, Rosalia diboyong ke rumah Sofyan alias Yopi di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung. Namun, setelah pernikahan kurang lebih satu bulan, mulai muncul persoalan rumah tangga dengan kepala desa tersebut.

“Pada tanggal 6 Januari 2021, saya dipulangkan ke sini (rumah orangtua) dinaikkan Grab (ojek online) dengan alasan, dia ingin menenangkan diri,” jelasnya.

“Informasi yang saya terima, dia (kades) sudah menikah lagi dengan Meilisa, dan sudah ada di sana (rumahnya). Sedangkan sama saya belum cerai sah, dan sama Meilisa masih nikah siri,” ungkapnya.

Bahkan, kata Rosalia, kepada warga sekitar rumahnya, kades tersebut telah mengaku cerai dengan dirinya dan sudah sah di Pengadilan Agama Jember. “Ternyata, setelah saya cek di pengadilan agama belum ada sama sekali,” katanya.

Merasa dirinya statusnya digantung dan belum ada kejelasan, Rosalia mengaku belum ada itikad baik dari keluarga Kades Sofyan.

“Saya tidak minta apa-apa, saya cuma minta hak dan keadilan, kebebasan saya. Karena saya ditelantarkan. Bisa dibilang, karena adanya orang ketiga dalam rumah tangga saya,” kisahnya.

Sementara, Kepala Desa Sukamakmur, Sofyan alias Yopi tidak menjelaskan atas konfirmasi wartawan. “Itu privasi mas,” katanya singkat melalui selulernya.