Kenapa Hewan Kurban Menangis saat Disembel-ih? Simak Penjelasannya

817 views

Penyembel-ihan hewan kurban yang sering dijumpai setiap Idul Adha, merupakan salah satu ibadah sunnah. Bagi mereka yang mempunyai rezeki lebih, nantinya sebagian harta yang dimiliki dibelikan hewan ternak lalu disembel-ih dan diberikan kepada orang yang tepat saat Idul Adha tiba.

Perintah untuk berkurban saat Idul Adha ini tertulis dalam surat Al-Kautsar ayat 2 yakni:
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Artinya: “Maka laksanakanlah salat karena tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada allah).” (QS Al-Kautsar: 2)

Kondisi hewan yang akan dikurbankan juga sangat perlu diperhatikan karena ada beberapa syarat-syarat hewan kurban yang harus dipenuhi.

Sesuai dengan sabda Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan dari al-Barra bin Azib radliyallâhu ‘anh:
أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي الْأَضَاحِيِّ فَقَالَ الْعَوْرَاءُ بَيِّنٌ عَوَرُهَا وَالْمَرِيضَةُ بَيِّنٌ مَرَضُهَا وَالْعَرْجَاءُ بَيِّنٌ ظَلْعُهَا وَالْكَسِيرُ الَّتِي لَا تَنْقَى

Artinya: “Ada empat macam hewan yang tidak sah dijadikan hewan kurban, “(1) yang (matanya) jelas-jelas buta (picek), (2) yang (fisiknya) jelas-jelas dalam keadaan sakit, (3) yang (kakinya) jelas-jelas pincang, dan (4) yang (badannya) kurus lagi tak berlemak.” (Hadits Hasan Shahih, riwayat al-Tirmidzi: 1417 dan Abu Dawud: 2420)

Syarat-syarat Hewan Layak Kurban:

1.Unta (Umur 5-6 tahun)
2.Sapi/Kerbau (Masuk umur 2 tahun)
3.Kambing (Masuk umur 1-2 tahun)
4.Domba (6 bulan)

Saat proses penyembel-ihan kerap kali terlihat momen sapi atau hewan kurban lainnya tiba-tiba mengeluarkan air mata, seperti sedang menangis.

Dilansir oleh bogor.pikiran-rakyat.com dari berbagai sumber, menurut keterangan dari Livestock Research Internasional sapi atau hewan kurban lainnya memiliki kelenjar air mata yang disebut sebagai lakrimal.

Seperti manusia, hal ini dikarenakan agar menjaga bola mata hewan tersebut untuk tidak terjadi iritasi.

Sapi dan hewan kurban lainnya punya kelenjar lakrimal yang cukup aktif, itulah yang menyebabkan air matanya bisa keluar kapan saja tanpa mengenal waktu.

Baca Juga: 5 Aturan PPKM Kabupaten Bogor Mulai 3 Juli 2021, Pasar Tradisional Masih Beroperasi hingga Mal Ditutup

Partikel seperti tanah, kotoran, debu akan dibersihkan melalui air mata tersebut jadi kemungkinan jika hewan kurban seperti sedang menangis jika ingin disembel-ih, bisa saja diakibatkan ada partikel kotoran yang masuk ke dalam matanya.

Selain itu, sapi dan hewan yang dikurbankan lainnya belum tentu menangis karena memiliki rasa emosional.

Menurut laporan dari WiseGEEK, sangat sulit untuk menebak apakah air mata hewan tersebut berasal dari emosi atau iritasi.

sumber : pikiran-rakyat.com