Tutup Usia di Umur yang Masih Muda, Inilah Sosok Putra Suzzanna yang Berparas Tampan, Kelewat Mirip dengan sang Ibu yang Dijuluki Ratu Horor Indonesia

Publik tentu tak asing lagi dengan sosok Suzzanna Martha Frederika van Osch atau dikenal sebagai Suzzanna. Bagaimana tidak? Suzzanna adalah artis legendaris Tanah Air yang kesuksesannya tak perlu diragukan lagi.

Kendati punya popularitas melejit, karier Suzzanna akhirnya berhenti usai sang artis tutup usia pada 15 Oktober 2008 silam. Seperti kita ketahui, artis yang dijuluki Ratu Horor Indonesia ini terkenal lewat film-film bertema mistis.

Berkat aktingnya yang memikat, wanita berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Bersama suaminya, Dicky Suprapto dan grup musik Eka Sapta, Suzzanna juga sempat menjajal dunia tarik suara lewat album berjudul Salah Sangka.

Dikutip dari Bangka Pos, dari pernikahannya dengan Dicky Suprapto, ia mempunyai anak perempuan bernama Kiki Maria dan Arie Adrianus Suprapto.

Tak seperti Kiki Maria yang terjun ke dunia entertain, Arie yang lahir pada tahun 1960, meninggal di usia yang masih sangat belia yakni 17 tahun.

Penyebab kematian Arie sendiri dikabarkan karena dikeroyok. Mengutip arsip dari Benta Buana, 24 September 1977, Arie merupakan sosok yang dikenal sangat menyayangi Suzzanna.

Ia juga dikenal sebagai sosok pria tulen pada masanya. Arie gemar bekerja di bengkel. Ia punya motor Yamaha yang selalu ditunggangi dan dia utak-atik sesuka hati.

Selepas SMP, Arie memang tak mau melanjutkan sekolah. Meski begitu, Arie diketahui sempat bekerja sebagai pengisi acara ‘Arena Remaja’ di Radio Amigos.

Arie punya bakat bermusik, sampai-sampai sang ibu berniat mengirimnya ke Amsterdam, Belanda. Semasa hidupnya, Arie juga dikenal pribadi yang supel dan bergaul dengan siapa saja.

Arie menjadi idola karena punya wajah tampan dan hobi mentereng. Tiga tahun sebelum meninggal, ia bahkan sempat berpose menjadi cover majalah bersama ibu dan adiknya, Kiki Maria.

Arie muda tampak mengenakan beskap dan pakaian Jawa bersama orang-orang yang dicintainya itu. Dikutip dari Tribun Solo, foto Arie saat jadi cover majalah itu sempat viral di grup Facebook, Indonesia Tempo Doeloe.

“Artis kenamaan Suzzanna dengan anaknya Arie dan Kiky, kl. tahun 1974.

3 tahun setelah foto ini terbit sebagai poster dalam majalah Kartini, Arie meninggal setelah ditikam oleh segerombolan pemuda di depan rumahnya.

Menurut salah satu cucu Suzanna, keluarganya sampai sekarang masih menyimpan gitar kesayangan Arie,” tulis akun Chris Woodrich‎ di grup Facebook Indonesia Tempo Doeloe.

Selepas Arie meninggal dunia, Suzzanna tetap melanjutkan hidupnya seperti sedia kala dan menikah dengan Cliff Sangra pada tahun 1983.

Hingga pada akhirnya, Suzanna meninggal dunia di kediamannya di Jalan Kebondalem II No.1 Magelang, Rabu, 15 Oktober 2008 lantaran penyakit diabetes.

Penyebab kematiannya kala itu juga sempat menjadi perdebatan, sebab Clift Sangra menguburkan jenazah secara diam-diam bersama pemuka agama dan ketua RT setempat.

Namun, menurut Bambang Tjatur Iswanto, penasihat hukum keluarga Suzzanna, Suzzanna memang sudah berwasiat, jika ia meninggal tidak ingin dipertontonkan dan diupacarakan secara besar-besaran.

Suzanna pun dimakamkan di TPU Giriloyo, Magelang dan dimakamkan satu liang lahat dengan anaknya, Ari Adrianus dan kakaknya, Irene Beatrix van Osch.