Mediasi Gagal, PNS Gugat Ibu Kandung Tetap Ingin Kuasai Rumah Mewah Orang Tuanya

Kasus anak menggugat ibu kandungnya sendiri, tengah hangat menjadi perbincangan warga di Aceh Tengah, Aceh. Gugatan perdata itu, tengah berproses di Pengadilan Negeri (PN) Aceh Tengah, dengan nomor gugatan Pdt.G/2021/PN Tkn.

Gugatan dilayangkan oleh Asmaul Husna terhadap ibu kandungnya sendiri, Kausar , dan empat adiknya. Objek yang disengketakan, berupa sebidang tanah seluas 894 meter persegi, yang di atasnya juga terdapat rumah berlantai tiga.

Bidang tanah dan bangunan berlantai tiga tersebut, berada di Jalan Yos Sudarso, Kampung Belang kolak II, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Rencananya, pada Selasa (23/11/2021), persidangan akan memasuki agenda kesimpulan.

Sebelumnya majelis hakim di PN Aceh Tengah, telah berupaya untuk melakukan mediasi sebanyak dua kali untuk menyelesaikan persengketaan antara penggugat dan tergugat. Humas PN Aceh Tengah, Fadli Maulana menegaskan, dalam proses mediasi tersebut tidak tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak.

“Kami dari pihak pengadilan telah berupaya melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Namun kami dari pengadilan hanya sebagai fasilitator dalam proses mediasi yang di lakukan di PN Aceh Tengah,” ungkapnya.

Sayangnya, upaya mediasi yang telah dilakukan sebanyak dua kali tersebut, tidak mendapat kesepakatan kedua belah pihak. “Karena tidak ada kesepakatan antara kedua pihak, akhirnya diputuskan proses persidangan tetap akan dilanjutkan,” pungkas Fadli Maulana.