Ini 6 Tips Solo Travelling Wanita, Cocok Untuk Penyembuhan

Posted on

Traveling terbukti memberikan dampak positif bagi diri sendiri, terutama bagi kesehatan mental. Dengan bepergian, Anda dapat mengurangi stres batin, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan kebahagiaan.

Traveling, baik solo maupun berkelompok, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bepergian dalam kelompok dianggap lebih menyenangkan daripada sendirian, karena Anda akan memiliki pasangan untuk berbagi cerita.

Namun, seseorang yang menyenangi solo traveling biasanya bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain. Tidak adanya partner perjalanan akan membuat Anda merasa lebih leluasa dalam membuat jadwal perjalanan.

Ternyata solo traveling juga memiliki kekurangan, biaya perjalanan ditanggung sendiri, tidak ada teman untuk berfoto, dan perjalanan akan lebih tenang.

Namun, terlepas dari kekurangannya, manfaat seperti melatih kemandirian, membantu menemukan jati diri, melatih mengelola keuangan sendiri, dan menjadi lebih percaya diri bisa dirasakan. Selain itu, solo traveling juga bisa menjadi salah satu terapi penyembuhan bagi Anda yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan.

Bagi para wanita yang ingin mencoba solo traveling untuk penyembuhan, berikut beberapa tips menarik dari Pegipegi!

1. Mencari Informasi Destinasi Untuk Dikunjungi
Sebelum memutuskan untuk solo traveling, tentunya Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut dimulai dari kota tujuan yang akan Anda kunjungi, bagaimana keadaan di sekitar tempat tersebut, cuaca di daerah tersebut, dan budaya masyarakat setempat. Anda juga dapat menemukan informasi jam berapa sibuk dan sepi di area tersebut. Karena Anda bepergian sendiri, Anda harus sebisa mungkin menghindari ‘jam tenang’ agar perjalanan lebih aman.

2. Hitung Anggaran
Setelah Anda menentukan kota tujuan untuk berwisata, Anda perlu menghitung budget yang Anda miliki. Tujuan menghitung anggaran ini adalah untuk memungkinkan Anda bepergian sesuai kemampuan Anda. Anda perlu menyesuaikan budget yang Anda miliki dengan hotel tempat Anda menginap, tempat wisata yang akan Anda kunjungi, dan berapa lama Anda akan bepergian. Anggaran tersebut dapat dibagi sesuai kebutuhan, seperti untuk membayar tiket perjalanan, memesan hotel, mengunjungi destinasi wisata, dan uang jajan selama perjalanan.

3. Pesan Tiket Perjalanan
Setelah menghitung budget, Anda bisa langsung membeli tiket perjalanan. Anda dapat memilih untuk naik pesawat, kereta api atau bus. Transportasi wisata yang akan Anda gunakan bisa disesuaikan dengan budget Anda. Demi keamanan Anda, Anda dapat memesan tiket perjalanan secara online. Selain lebih aman, membeli tiket secara online biasanya akan memberikan Anda promo yang menggiurkan, sekaligus membuat perjalanan Anda lebih terencana.

4. Memilih Hotel dan Destinasi Wisata
Anda bisa memilih hotel dan destinasi wisata sesuai budget Anda. Anda bisa membaca review hotel di daerah yang akan dikunjungi, kemudian ketika hotel yang anda cari sesuai dengan yang diharapkan, anda bisa langsung memesan hotel tersebut. Anda juga bisa membaca dari berbagai sumber terkait destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di daerah tersebut.

5. Siapkan Bagasi Anda
Ini adalah yang paling penting. Sebelum bepergian sebaiknya persiapkan barang bawaan Anda, mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, kartu identitas, dan lainnya. Jangan lupa siapkan baju-baju lucu saat traveling. Pakaian yang bagus juga bisa membuat mood lebih ceria dan bahagia.

6. Buat Rencana Cadangan
Anda harus memiliki rencana cadangan saat ingin bepergian. Jangan hanya terpaku pada satu rencana. Buat rencana cadangan berdasarkan kemungkinan kendala, seperti cuaca yang tidak mendukung, kemacetan, dan lainnya.