Tips Aman Berkunjung ke Destinasi Wisata di Bulan Ramadhan dan Libur Lebaran

Posted on

Bulan Ramadhan dan libur Lebaran akan segera tiba. Co-founder dan CEO GOERS Sammy Ramadhan mengatakan, pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan selama masa liburan Lebaran tahun ini.

“Masyarakat mulai mengunjungi tempat wisata lagi. Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata rekreasi yang menjadi mitra kami meningkat hingga 10 kali lipat saat high season di Q4 2021 dibandingkan Q3 2021,” kata Sammy seperti dikutip Suara.com dalam tulisannya. disiarkan, Rabu (23/3/2022).

Lebih lanjut, Sammy juga menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan di mitra GOERS pada Januari dan Februari 2022 meningkat dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu.

“Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, jumlah kunjungan biasanya sedikit terkoreksi saat Ramadan sebelum memuncak lagi pada libur lebaran. Ramadan biasanya dimanfaatkan destinasi wisata rekreasi mitra kami untuk mengoptimalkan layanan dan sistem agar siap menyambut pengunjung saat mudik. libur Idul Fitri,” lanjut Sammy.

Bagi masyarakat, momen Ramadhan sebagian besar diisi dengan kegiatan berbuka puasa. Sambil menunggu waktu istirahat biasanya digunakan untuk ngabuburit di sejumlah destinasi wisata, terutama yang menawarkan wisata pantai, taman atau tempat terbuka.

Menyikapi fenomena tersebut, Sammy memberikan tips agar pengunjung bisa ngabuburit dan berbuka puasa di tempat wisata dengan aman dan nyaman.

Pertama, kata Sammy, ikuti anjuran pemerintah untuk bepergian jika sudah divaksinasi lengkap. Kedua, beli tiket masuk tempat wisata secara online, minimal sehari sebelum berkunjung.

“Hal ini dilakukan untuk membantu pengelola memantau batas daya tampung objek wisata tersebut. Selain itu, pilihlah waktu berkunjung atau masa bahu yang relatif sepi,” tambah Sammy.

Ketiga, selalu patuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Jika memungkinkan, bawalah peralatan makan dan minum serta alat ibadah sendiri. Keempat, jangan lupa scan aplikasi CareProtect saat memasuki objek wisata.

Sejumlah destinasi wisata-rekreasi Indonesia bersiap mengantisipasi lonjakan pengunjung di momen Ramadhan dan Lebaran 2022 dengan bantuan teknologi GEM Solution, di antaranya Taman Impian Jaya Ancol.

“Kapasitas maksimum Taman Impian Jaya Ancol saat ini 75 persen dari kapasitas normal. Teknologi GEM Solution membantu kami secara otomatis memantau batas kapasitas pengunjung dengan lebih mudah secara real-time demi keamanan dan kenyamanan.”

“Strategi lain bisa kita terapkan ketika kapasitas maksimal pengunjung saat pandemi sudah penuh. Misalnya dengan mengalihkan pengunjung lain ke periode bahu di hari atau jam masuk yang berbeda,” kata Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Budi. Ariyanto.