10 Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan

Posted on

Mendengar kata liburan pasti yang ada di benak Anda adalah pantai, pegunungan, suasana persawahan dan segala aktivitas rekreasi yang menyenangkan. Benar atau tidak?

Bahkan, terkadang liburan kita tidak berjalan sesuai rencana; tempat wisata yang terlalu ramai, lupa membawa dokumen perjalanan penting, atau bahkan sakit saat liburan. Nah, agar liburan kita berjalan sesuai bayangan kita, maka ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Simak cerita lengkapnya di bawah ini!

1. Destinasi Wisata, Tiket Transportasi, Akomodasi Dan Itinerary

Hal pertama yang harus Anda persiapkan tentunya adalah menentukan destinasi Anda. Mau liburan kemana? Apakah Anda akan mengunjungi wisata alam, taman bermain atau berjalan-jalan di perkotaan. Persiapkan dengan baik segala sesuatu yang berhubungan dengan destinasi Anda, seperti tiket perjalanan, akomodasi, bahkan itinerary.

Jangan lupa untuk belajar sedikit bahasa daerah dari negara atau wilayah yang ingin Anda kunjungi. Dengan menggunakan bahasa lokal, Anda dapat lebih menawar di pasar dan membenamkan diri dalam kehidupan masyarakat di daerah yang Anda kunjungi.

2. Rencana Alokasi Surat Cuti Dan Waktu Liburan

Bagi mereka yang bekerja, mengunjungi destinasi wisata domestik pada saat libur nasional dan libur bersama dapat menimbulkan ketidaknyamanan seperti jalanan yang macet dan tempat wisata yang ramai.

Untuk mengantisipasi suasana liburan yang tidak nyaman, usahakan untuk berlibur di luar waktu tersebut jika memungkinkan. Bagi Anda yang bekerja secara formal di kantor, jangan lupa untuk memberikan pemberitahuan sehari dan menyelesaikan tanggung jawab Anda secara penuh. Anda tidak ingin liburan Anda terganggu oleh pekerjaan kantor yang belum selesai, bukan?

3. Dompet Atau Folder Khusus Untuk Dokumen Perjalanan

Dokumen perjalanan bisa sangat merepotkan jika tidak diatur dengan benar. Urutkan semua dokumen perjalanan berdasarkan waktu penggunaan. Kemudian simpan di dompet khusus (travel wallet) yang mudah dibawa kapan pun Anda membutuhkannya saat bepergian.

Namun menurut pepatah ‘jangan simpan telur dalam satu wadah’, sebaiknya dokumen yang disimpan di dompet khusus adalah dokumen yang diperlukan untuk bepergian pada hari itu saja. Anda dapat memperbaruinya setiap hari sesuai dengan kebutuhan rencana perjalanan Anda. Mudah, bukan? Dijamin Anda akan terbebas dari kerepotan mencari dokumen penting selama perjalanan.

4. Koper Atau Ransel Dan Daftar Kargo

Setiap jenis wisata pasti memiliki kebutuhan dan jenis tas yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung, tas gendong harus menjadi syarat utama untuk membawa barang bawaan. Selalu sesuaikan barang bawaan Anda dengan jenis tur yang Anda ikuti. Jangan naik gunung dengan koper! Pelajari teknik packing yang efektif dan efisien untuk memudahkan Anda saat bepergian, termasuk urutan pakaian yang akan dikenakan.

Bagi yang bepergian dengan pesawat tanpa bagasi, jangan lupa aturan maksimal 100 ml cairan di dalam kabin agar bagasi Anda tidak diambil oleh petugas bandara. Buat juga checklist barang bawaan untuk menghindari kelupaan! Sekarang sudah banyak aplikasi smartphone yang membuat daftar barang bawaan sesuai dengan jenis perjalanan. Praktis dan hemat waktu bukan?

5. Perlengkapan Mandi

Meski bisa menginap di penginapan yang menyediakan perlengkapan mandi, tak ada salahnya membawa perlengkapan mandi penting seperti sikat dan pasta gigi serta sabun muka. Tabir surya juga penting untuk selalu dibawa, apalagi jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan di siang hari.

6. Obat-obatan Pribadi

Rasa sakit adalah sesuatu yang mungkin bisa terjadi selama liburan Anda. Jadi, selalu siapkan obat-obatan pribadi agar penyakit Anda tidak mengganggu aktivitas liburan! Biasanya obat yang penting adalah diare, demam, sakit kepala dan alergi.

7. Botol Minum

Saat liburan, aktivitas fisik Anda tentu akan meningkat dan tubuh Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Tidak ada salahnya membawa botol minum yang bisa digunakan berkali-kali untuk memudahkan Anda mengisi air.

Anda tentu tidak ingin liburan Anda menjadi tidak menyenangkan karena dehidrasi bukan? Selain menyelamatkan kamu dari dehidrasi, membawa botol minum yang bisa dipakai ulang juga bisa membantu menyelamatkan lingkungan dari tumpukan sampah plastik lho!

8. Power Bank Dan Ponsel Konvensional

Penggunaan smartphone saat liburan tidak hanya sebatas untuk komunikasi tetapi juga untuk panduan selama perjalanan bahkan sebagai alat untuk mengabadikan momen alias kamera. Hal ini tentu akan banyak menguras daya baterai smartphone Anda. Jadi, jangan lupa untuk selalu membawa power bank sebagai sumber baterai cadangan. Nah, jika Anda tidak ingin diganggu saat liburan namun tetap ingin tetap berhubungan dengan orang-orang terdekat, Anda bisa membawa ponsel konvensional yang tahan banting.

9. Uang tunai

Saat liburan, ada kalanya kita tidak bisa menggunakan kartu debit atau kredit untuk bertransaksi, seperti saat berbelanja oleh-oleh di pasar atau memberikan tip kepada pemandu wisata. Oleh karena itu, selalu sediakan uang tunai yang cukup sesuai dengan kebutuhan per hari. Jika destinasi wisata yang akan Anda tuju tidak memiliki banyak ATM untuk tarik tunai, maka sebaiknya sediakan uang tunai untuk kebutuhan beberapa hari ke depan.

Jika Anda bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk menukarkan rupiah sebelum keberangkatan. Nilai tukar rupiah saat di luar negeri bisa lebih kecil dibandingkan di dalam negeri lho! Hindari penggunaan kartu kredit atau debit yang diterbitkan oleh bank lokal Indonesia di luar negeri, sebaiknya gunakan kartu multi currency seperti cash card, Monzo, Jenius atau Transferwise Card. Menggunakan kartu multi currency akan jauh lebih hemat karena kartu menggunakan nilai tukar real-time dan bebas dari biaya layanan bank yang relatif tinggi.

10. Keamanan Akomodasi Selama Liburan

Jangan lupa untuk memastikan keamanan tempat tinggal kita selama liburan. Anda dapat melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan teknologi CCTV yang dapat dikendalikan dari jarak jauh atau menyewa satpam. Yang terpenting, letakkan semua barang berharga di tempat yang aman di dalam rumah. Tidak ada lagi kekhawatiran tentang bepergian!